Kamis, 24 Mei 2012

Jalan-Jalan di Hokkaido


pernah belajar geografi Jepang waktu SMP bukan? Waktu itu belajarnya tentang Jepang yang terdiri dari 4 pulau utama kan ? Pulau-pulau itu adalah Pulau Honshu, Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu. Nah, kali ini saya akan menceritakan beberapa objek jalan-jalan di pulau Hokkaido, yang merupakan pulau paling utara di Jepang.
Hokkaido, yang juga merupakan salah satu prefektur di Jepang, memiliki ibukota yang terletak di Sapporo. Beberapa objek jalan-jalan di Hokkaido sbb:
1. Kushiro Shitsugen National Park
Taman ini berada di Kushiro -Shi. Sesuai dengan namanya, taman ini merupakan taman shitsugen (paya). Pemandangan ini bisa dinikmati cukup dengan mengunjungi tenboudai-tenboudai (observatory) yang ada di Kushiro (gambar di samping diambil dari Hosooka Tenboudai). Sayangnya, tempat ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewa karena angkutan umum yang menuju ke taman ini tidak tersedia, Oleh karenanya, sangat disarankan agar bepergian ke taman ini dengan ditemani oleh orang yang kuwashii (tahu detail) tentang Kushiro J
2. Tokachidake Onsen
Tokachidake Onsen (Pemandian air panas Tokachidake) terletak di kawasan gunung Tokachidake yang merupakan gunung vulkano dengan ketinggian 2.077 m. Dari pemandian air panas ini bisa dinikmati pemandangan sekitar gunung Tokachidake.
3. Drift Ice Abashiri
Setiap tahunnya sekitar akhir bulan januri sampai sekitar akhir bulan maret, kita bisa menyaksikan es yang terapung di atas permukaan laut. Pemandangan arus es ini antara lain bisa kita nikmati di Abashiri. Kalau lagi beruntung, kita bisa melihat kawanan anjing laut yang 'bermain-main' di atas es yang mengapung ini.
4. Sapporo Odori Park
Taman ini merupakan taman `gede` (odori = jalan besar) yang membelah kota Sapporo menjadi bagian utara dan selatan. Taman yang juga berfungsi sebagai green belt kota Sapporo ini memiliki panjang 1.500 meter (namanya juga odori J ). Di bagian timur taman ini terdapat Sapporo Terebi Tou ( Menara Televisi Sapporo) yang merupakan simbol taman ini. Menara ini dibangun pada tahun 32 Showa (1957 M) sebagai pemancar dan penerima gelombang. Di menara ini juga terdapat lightning watch (bahasa Indonesianya apa ya? J ) sebagai pelengkap simbol taman ini.
5. Danau Akan
Danau Akan (Akan ko) berada di bagian timur Hokkaido . Danau ini terbilang cukup unik karena marimo (sejenis alga hijau yang hidup di danau air segar) dapat kita temukan dengan mudah di danau ini. Marimo di danau Akan ini pertama kali ditemukan oleh Tetsuya Kawakami pada tahun 1897, dan dinamakan marimo karena bentuknya yang menyerupai bola. Danau ini adalah tipe danau kaldera dengan keliling 26 km dan dikelilingi oleh hutan zaman purba yang masih asri.
6. Danau Masyu
Danau Masyu (Masyu ko) dapat kita temui di Hokkaido Akan National Park, yang merupakan danau kaldera dengan keliling 21 km, luas 19,2 km2 dan kedalaman terbesar 212 meter. Yang menjadi keunikan dari danau ini adalah kejernihan airnya, di mana kita kita masih bisa melihat ke dalam danau sampai kedalaman sekitar 25 meter. Tingkat kejernihan air ini tergolong tinggi, dan bukan hanya untuk skala Jepang, tetapi juga untuk skala internasional. Tidak adanya sungai yang bercampur dengan danau ini, dan suhu air yang rendah sehingga plankton sulit berkembang biak menjadi faktor utama pendukung kejernihan danau ini. Pemandangan danau yang dikelilingi oleh jurang ini dapat dinikmati dari tiga tenboudai yang ada di sekelilingnya, yakni masyukodaiichi tenboudai, masyukodaisan tenboudai, dan uramasyutenboudai yang ketinggian masing-masing tenboudai berbeda.
7. Semenanjung Shiretoko
Kawasan ini adalah salah satu yang menjadi hokori (kebanggaan) masyarakat Jepang, khususnya Hokkaido, karena sejak tahun 2005 kawasan ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs peninggalan dunia. Anjing laut, beruang, elang, serigala, dan binatang-binatang liar lain sebagai bagian utama kawasana ini yang senantiasa mempertahankan hidupnya dan menjaga komunitasnya dari serangan musuh alami menjadikan kawasan ini sebagai kawasan yang masih menjaga kealamiannya.
8. Asahiyama Zoo
Kebun binatang Asahiyama terletak di Asahikawa -Shi, yang merupakan kota terbesar kedua di Hokkaido setelah Sapporo. Di sini kita bisa melihat secara langsung penguin, beruang kutub, badak, macan, dan binatang-binatang lain yang jarang kita lihat secara langsung dalam kehidupan sehari-hari kita.
9. Museum Ainu Shiraoi
Ainu adalah suku asli pulau Hokkaido yang secara latar belakang kultural dan rasial berbeda dengan penduduk Jepang asli. Menurut beberapa keterangan, suku Ainu adalah keturunan dari ras Mongoloid yang memasuki pulau Jepang sebelum periode Jomon yang selanjutnya tergantikan dan berasimilasi dengan penduduk Jepang asli yang meluaskan pendudukannya ke wilayah utara. Saat periode Meiji (1868-1912), suku Ainu menerima status sebagai `former aboriginals`. Akan tetapi, suku Ainu pernah mengalami masa-masa diskriminasi selama beberapa tahun. Pada tahun 1997, ditetapkan sebuah undang-undang yang menyediakan dana penelitian dan pengembangan kebudayaan suku Ainu. Sayangnya, saat ini keberadaan suku Ainu sangat sulit ditemukan karena sangat sedikitnya suku Ainu yang masih hidup.
***
Sebenarnya masih banyak lagi tempat jalan-jalan di Hokkaido , tapi gak bakalan cukup deh nih bulletin buat ngejelasin semuanya, banyak banget soalnya tempat-tempat indah di Hokkaido :) . Penulis juga belum pernah mengunjungi semua objek-objek wisata di Hokkaido. Insya Allah kapan-kapan deh, kalau ada waktu dan tentunya kalau ada dana :)

1 komentar:

George Martinus mengatakan...

Hello there!
Numpang share pengalaman ya..

Bagi saya, Hokkaido adalah dreamland sejak masih SD dulu. Pokoknya kalo k Jepang, harus k Hokkaido dulu, ga mau yg lain. Heheheh...

Akhirnya Jan 2015 kmarin saya beneran k Jepang, Hokkaido. Pernah k Jepang, tp ga pernah ke Tokyo. Heheh...

Dari brbrapa tempat wisata yg kamu sebutin di atas, saya sempat mengunjunginya. Pengetahuan n info dari wisata di sana membuat saya sendiri makin suka ama Hokkaido. Nih, ada bbrapa cerita pengalaman saya ketika di sana.
Please pay a visit:

- Abashiri Drift Ice Cruise:
http://makanangin-travel.blogspot.com/2015/06/cruising-the-sea-of-okhotsk-on-the-icebreaker-ship.html

- Sounkyo Gorges:
http://makanangin-travel.blogspot.com/2015/08/see-how-japan-introduces-its-freezing-world.html

- Asahiyama Zoo:
http://makanangin-travel.blogspot.com/2015/10/asahiyama-zoo-the-northernmost-and-the-most-innovative-zoo-in-japan.html

- Dan masih ada bbrapa lainnya yg bisa dilihat di blog saya.

Moga2 gemar baca ya.. hehehehe
Thanks!

"It's not just about the destination, but the journey"

Poskan Komentar